Articles

8 Rahasia agar Tubuh Tidak Mudah Jatuh Sakit

 

Di tengah cuaca yang tidak menentu seperti saat ini dan polusi yang beragam, tak heran tubuh manusia rentan terkena beragam penyakit. Apalagi jika sistem kekebalan tubuhmu melemah, maka tubuh seakan menjadi magnet dari beragam virus maupun bakteri. Ketika kamu jatuh sakit, tentu saja hal ini terasa sangat tidak menyenangkan. Semua aktivitas juga akan terhambat. Dilansir dari idiva.com, berikut ini adalah beberapa tips ampuh untuk membuat tubuh selalu sehat dan terhindar dari beragam serangan penyakit.

 

1. Rajin jalan kaki

Duduk selama berjam-jam mampu berujung dengan munculnya beragam penyakit membahayakan. Nah, jika pekerjaanmu menuntutmu untuk duduk selama berjam-jam, selalu sediakan waktu untuk jalan kaki. Semakin banyak waktu yang kamu habiskan untuk duduk, maka akan semakin tinggi risiko obesitas, penyakit jantung, hingga kematian.

 

2. Perkuat jaringan pertemanan

Mereka yang memiliki sistem pertemanan atau hubungan sosial yang baik cenderung memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat. Tak banyak yang tahu bahwa memiliki sahabat bisa menurunkan risiko terkena serangan jantung hingga 50%. Jadi, jika kamu memiliki sahabat, maka jangan sungkan untuk meluangkan waktu untuk sekedar makan siang, berbincang, atau pergi rekreasi bersama.

 

3. Perbanyak konsumsi bawang putih

Bawang putih dikenal memiliki manfaat kesehatan yang berlimpah. Tingginya kandungan anti oksidan di dalam bawang putih bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah, tingkat kolesterol, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Untuk itu, jangan sungkan memperbanyak konsumsi bawang putih baik yang dimasak maupun dikonsumsi secara mentah.

 

4. Mandi dengan air dingin

Mandi sangatlah penting untuk membersihkan tubuh. Namun mandi dengan air dinginlah yang memberikan banyak manfaat sehat seperti dapat meningkatkan sirkulasi darah, memperkuat kulit, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan mood, dan meremajakan tubuh. Durasi mandi yang baik adalah 5 menit.

 

5. Rajin tidur siang

Selain tidur malam, tidur siang juga sama pentingnya. Tidur siang akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga kamu kuat dalam melawan beragam penyakit. Tidur siang juga akan membuat kalsium lebih maksimal dalam membangun arteri di jantung.

 

6. Makan yogurt

Kandungan bakteri probiotik yang ada dalam yogurt memberikan dampak menguntungkan seperti menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu, makan yogurt juga akan memperkuat sistem pencernaanmu. Dan pencernaan yang sehat adalah pangkal dari kesehatan tubuh.

 

7. Makan dengan jumlah cukup

Makan memang penting. Namun makan secara berlebihan tidaklah baik. Makan dengan jumlah yang cukup tidak akan membuat lonjakan kolesterol atau gula darah yang membahayakan. Dan hal lainnya yang lebih penting adalah konsumsi makanan dengan nutrisi kompleks di dalamnya.

 

8. Yoga

Yoga tak hanya bermanfaat untuk meredakan stres. Yoga akan memperkuat dan menyeimbangkan sistem kekebalan tubuh, menghancurkan mikroba, serta menurunkan risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes.

 

Sumber: http://www.merdeka.com/

 

 

Artikel Lainnya:

 

Khasiat Minum Air Putih untuk Kesehatan

 

 

Tips Mencegah Serangan Jantung

 

 

Membersihkan Racun dalam Tubuh Tanpa Repot

 

 

7 Cara Rahasia Menjaga Kesehatan Ginjal

 

 

8 Rahasia agar Tubuh Tidak Mudah Jatuh Sakit

 

 

Pusing Karena Kurang Tidur? Atasi dengan 3 Cara Ini

 

 

 

DUNIA ALKES

 

Ruko Modernland Blok CR No.7-8,
Cipondoh, Tangerang

Telp: 021 - 552 9361 | 021 - 552 8746

© Dunia Alkes. All Rights Reserved

Web development by Clicks & Co.

 

Home | About Us | Products | Franchise | Outlets